Imbalance Payment and Foreign Exchange Rates

RobustBinary avatar
RobustBinary
·

Start Quiz

Study Flashcards

10 Questions

Apakah yang dimaksudkan dengan imbalance payment?

Kelebihan pengeluaran dari investasi luar negeri

Faktor apa yang mempengaruhi determinasi kadar pertukaran asing?

Ketergantungan nasional dan ketergantungan impor

Apakah yang dimaksudkan dengan fixed exchange rates?

Nilai mata wang yang tetap diikat kepada sekeranjang mata wang lain atau kepada satu mata wang tunggal

Apakah yang dimaksudkan dengan floating exchange rates?

Nilai mata wang yang berubah-ubah berdasarkan pasaran tukaran asing

Apakah risiko utama yang mungkin terjadi akibat dari perbedaan ting?

Risiko kadar pertukaran asing

Apakah itu imbangan pembayaran?

Aturan tentang bagaimana membayar pemasukan dalam negara dan pengeluaran dari negara

Apakah itu kadar pertukaran asing?

Harga yang dihitung dalam satuan mata uang lokal untuk satu unit mata uang asing

Apakah penyebab imbalance payment?

Pemasukan yang diperoleh dari hasil perdagangan internasional

Apakah yang dimaksud dengan investasi dalam negara?

Pembiayaan yang dimasukkan ke dalam negara oleh pemain investasi dari luar negeri

Apakah yang dimaksud dengan imbangan pembayaran yang tidak seimbang?

Keadaan ketika pemasukan dari negara lebih kecil dari pengeluaran

Study Notes

Imbangan Pembayaran dan Kadar Pertukaran Asing

Pengertian

Imbangan pembayaran dan kadar pertukaran asing adalah suatu konsepsi ekonomi yang mengatur keadaan pembayaran dalam transaksi internasional dan keadaan kadar pertukaran mata uang dalam persyaratan internasional. Imbangan pembayaran menentukan aturan tentang bagaimana membayar pemasukan dalam negara dan pengeluaran dari negara, yang dijalankan oleh pemerintah, atau sumber pembayaran lainnya, seperti keluarga dan investor. Kadar pertukaran asing, yang disebut juga kurs tukar, merupakan harga yang dihitung dalam satuan mata uang lokal untuk satu unit mata uang asing.

Penyebab Imbalance Payment

Imbalance payment adalah keadaan ketika pemasukan dari negara lebih besar dari pengeluaran atau pemasukan dari negara lebih kecil dari pengeluaran. Berikut adalah beberapa penyebab imbalance payment:

  • Pemasukan dari hasil perdagangan: Pemasukan dari hasil perdagangan adalah pemasukan yang diperoleh dari perdagangan internasional, seperti import dan export. Jika pemasukan dari hasil perdagangan lebih besar dari pengeluaran, maka terjadi imbalance payment.

  • Pemasukan dari investasi: Investasi dalam negara adalah pembiayaan yang dimasukkan ke dalam negara oleh pemain investasi dari luar negeri. Jika pemasukan investasi lebih besar dari pengeluaran, maka terjadi imbalance payment.

  • Pengeluaran dari investasi: Investasi di luar negeri adalah pemberi atau pengeluar pembayaran terhadap investasi yang dikirim ke luar negera oleh pemain investasi di dalam negeri. Jika pengeluaran dari investasi lebih besar dari pemasukan, maka terjadi imbalance payment.

Efek Imbalance Payment

Imbalance payment dapat mempengaruhi keadaan ekonomi sebuah negara, seperti:

  • Pertumbuhan ekonomi: Pertumbuhan ekonomi dapat diserap oleh imbalance payment, seperti kemajuan di industri, pertanian dan perindustrian.

  • Harga mata uang: Imbalance payment dapat menyebabkan perbedaan antara harga pemasukan dan harga pengeluaran, yang dapat menyebabkan harga mata uang bervariasi.

  • Ketahanan ekonomi: Imbalance payment dapat mempengaruhi ketahanan ekonomi sebuah negara, yang dapat diartikan sebagai kemampuan negara untuk mengendalikan keadaan keuangan yang stabil dan mempertahankan kesejahteraan ekonomi.

Determinasi Kadar Pertukaran Asing

Kadar pertukaran asing adalah harga yang diketahui dengan melihat harga ekspor dan ekspor yang mencapai rata-rata dalam keseluruhan perdagangan. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi determinasi kadar pertukaran asing:

  • Ketergantungan nasional: Ketergantungan nasional adalah jumlah pemasukan yang diterima dari ekspor, sebagai bagian dari kuota ekspor dari perusahaan yang mengeluarkan barang-barang di luar negara.

  • Ketergantungan impor: Ketergantungan impor adalah jumlah pemasukan yang diterima dari impor, sebagai bagian dari kuota impor dari perusahaan yang membeli barang-barang di luar negara.

  • Kadar bunga: Kadar bunga adalah kadar yang diberikan kepada investor dalam negara lain, dengan menggunakan mata uang negara yang berbeda sebagai kembalian.

Fixed vs. Floating Exchange Rates

Governments have the option to fix exchange rates, which ties the value of their currency to a basket of other currencies or to a single currency, such as the US dollar. Alternatively, governments can let the value of their currency float, which means it rises and falls based on the forces of supply and demand in the foreign exchange market. Fixed exchange rates are typically used for countries that want to maintain stable domestic prices, maintain a stable exchange rate for their currency, and prevent currency devaluation. Floating exchange rates, on the other hand, allow a country's currency to move up or down with market forces, which can be beneficial for countries with strong, export-oriented economies.

Risiko Kadar Pertukaran Asing

Risiko kadar pertukaran asing adalah risiko yang mungkin terjadi sebagai akibat dari perbedaan tingkat kepercayaan investor terhadap mata uang dari negara berkembang dan negara maju. Risiko kadar pertukaran asing dapat disebabkan oleh:

  • Ketahanan negara: Ketahanan negara adalah kemampuan

This quiz covers the concepts of imbalance payment, foreign exchange rates, causes and effects of imbalance payment, determinants of foreign exchange rates, and the difference between fixed and floating exchange rates. It also discusses the risk of foreign exchange rates and how it can be caused by factors such as a country's resilience.

Make Your Own Quizzes and Flashcards

Convert your notes into interactive study material.

Get started for free

More Quizzes Like This

Electrolyte Imbalance Symptoms Quiz
3 questions
chapter 47 quiz 5 Electrolyte Imbalance
171 questions
Use Quizgecko on...
Browser
Browser